Jumat, 24 April 2009

BISNIS ONLINE

pengertian bisnis online
Bisnis online pada intinya sama dengan aktivitas jual beli yang biasa kita temui sehari - hari, misal toko baju, toko obat, dll. Perbedaan antara bisnis online dengan bentuk usaha tsb adalah medianya. Jika bentuk usaha toko lebih mengutamakan tempat usaha (toko, ruko, mall,pasar,dll), karyawan dan transaksi secara langsung (tatap muka), maka bisnis online menggunakan media internet sebagai lahan usahanya. Pelaku bisnis online biasanya memiliki website/blog untuk menawarkan produknya (barang/jasa) dan kemudian pembeli melakukan pemesanan barang / jasa secara online pula.

kelebihan bisnis online
Adapun kelebihan dari bisnis online :

1. Pasar yang sangat luas
Seperti yang sudah disebutkan di atas, bisnis online mengunakan media internet, dimana internet bisa diakses oleh seluruh orang di dunia. Pasar anda tidak sebatas wilayah tertentu, namun tanpa batas. Di Indonesia saja, saat ini (2008) tercatat ada lebih dari 28 juta penguna internet, dengan total pengguna internet perhari rata-rata 25.200 orang dan total ada lebih dari 10.000 warnet tersebar di seluruh Indonesia. Ditunjang lagi dengan kemajuan teknologi, dan dorongan dari pemerintah untuk terus "melek" internet, Anda bisa bayangkan betapa luasnya lahan bisnis online. Dalam beberapa tahun kedepan pengguna internet di Indonesia pasti akan berkembang pesat. Ini adalah peluang yang menggiurkan.

2. 24 Jam sehari, 7 hari seminggu
Dengan bisnis online, Anda tidak perlu repot - repot menutup tempat usaha Anda, biarkan sistem yang bekerja, kapan saja "produk" Anda bisa dilihat oleh orang lain.

3. Modal relatif lebih kecil

Berbeda dengan bentuk usaha toko/kantor, Anda tidak perlu menyewa toko/kantor dengan harga ratusan juta. Cukup dengan memiliki website (bayar) / blog (gratis), Anda bisa memasarkan produk Anda. Anda pun tak akan membutuhkan banyak karyawan untuk menjalankan usaha Anda.

4. Paruh waktu
Dalam menjalankan bisnis online, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu, cukup beberapa jam online, usaha Anda tetap "berjalan". Bisnis online bisa Anda lakukan di waktu luang dan di mana saja (rumah, kantor, warnet, tempat teman, dll). Jika Anda mendapatkan fasilitas internet di kantor, Anda bisa menjalankan bisnis online dengan gratis.

5. Mudah

Bisnis online sangat mudah dijalankan dan dipelajari. Anda tidak perlu menguasai keahlian khusus / jurusan pendidikan tertentu untuk memulai bisnis online. Modalnya hanya kemauan untuk belajar.

6. Income yang besar
Penghasilan di bisnis online tidak bisa dianggap remeh, banyak orang yang telah terbukti hasilkan penghasilan yang tidak kalah (bahkan lebih besar) dari pekerja kantoran. Penghasilan dari bisnis online bisa mata uang rupiah atau US dollar.

7. Anda adalah "BOS"
Jika Anda sering merasa tidak nyaman dengan atasan Anda di kantor, di bisnis online, Anda adalah BOS dari usaha Anda sendiri. Anda tidak perlu takut pada atasan atau takut kontrak Anda tidak diperpanjang. Andalah BOS yang menentukan masa depan "perusahaan".

8. 3T ( Tanpa Tempat Tertentu )
Yap..di bisnis online, Anda tidak membutuhkan tempat tertentu (toko atau kantor) untuk menjalankan usaha Anda. Dimana pun Anda berada, asal ada koneksi internet, Anda bisa terus berbisnis.

Macam bisnis online
Ada banyak macam jenis bisnis online yang bisa Anda lakukan. Mulai dari bisnis pemasangan iklan, bisnis penulisan artikel, bisnis penjualan barang, bisnis pengadaan jasa, bisnis affiliasi, dan sebagainya. Bagi yang sudah berpengalaman, hal ini bukanlah masalah. Nah, bagaimana dengan kita yang masih pemula ? Bagaimana kita tidak terjebak dengan bisnis online yang menyesatkan ? Bukan MLM, arisan berantai atau Money Game ?
Bagi kita yang pemula, kita bisa mencari informasi yang benar tentang bisnis online dengan cara sering menambah wawasan dari internet dan buku - buku. Dari internet, anda bisa searching dengan google. Namun berhati-hatilah karena tidak semuanya benar, Sudah ada banyak buku tentang bisnis online yang diterbitkan. Sama seperti dengan bisnis offline, bisnis online juga membutuhkan suatu proses. Anda harus mau mengeluarkan "modal" waktu, tenaga, pikiran dan juga uang. Sebaiknya pilihlah bisnis online yang sesuai dengan keinginan anda. Jangan hanya tergiur oleh keuntungan semata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar